DITJEN OTONOMI DAERAH

  • Bapak Presiden RI pada Peringatan Hari Otonomi Daerah XIX Tahun 2015 di Istana Negara Jakarta, 28 April 2015

  • Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah XIX Tahun 2015, 27 April 2015

  • Penyerahan Data Agregat Kependudukan per-Kecamatan (DAK2) Pilkada Serentak Tahun 2015, 17 Maret 2015

  • Rapat DPR-RI Bersama Mendagri, KPU dan Bawaslu, 16 Maret 2015

  • Plt. Dirjen Otda sebagai Narasumber pada Orientasi Kepemimpinan dan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Tahun 2015, 11 Maret 2015

Design by Za Studio

Program & Kegiatan Ditjen Otonomi Daerah Tahun 2010-2014

Program & Kegiatan Ditjen Otonomi Daerah Tahun 2010-2014

Kebijakan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah

Kebijakan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah

Perbandingan Jumlah Daerah Otonom Sebelum Desentralisasi 1999 Dengan Sesudah Desentralisasi 1999

Perbandingan Jumlah Daerah Otonom Sebelum Desentralisasi 1999 Dengan Sesudah Desentralisasi 1999

Pemilihan Kepala Daerah

Pilkada

Pembagian Urusan

    

Pembagian Urusan
  1. Penerbitan SK Pemberhentian dan Pengangkatan KDH/WKDH

  2. Penerbitan SK Peresmian Pergantian PAW Anggota DPRD Provinsi

 

TIDAK DIPUNGUT BIAYA
    • 23 Kepala Daerah Terima Penghargaan

      2015-04-30 07:25:22

      JAKARTA (KR)- Presiden Joko Widodo memberikan penghargaan kepada beberapa kepala daerah yang dianggap berprestasi, dalam rangka hari Otonomi Daerah. Penerima penghargaan itu antara lain Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Bupati Bantul Hj Sri Surya Widati, Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, serta...

      Read More

    • 84 Kota Terdaftar Ikut Rakernas Apeksi

      2015-04-30 07:08:38

      84 Kota Terdaftar Ikut Rakernas ApeksiAmbon, Sebanyak 84 pemerintah kota terdaftar mengikuti Rapat kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia di Kota Ambon, Maluku, 5-10 Mei 2015. "Data yang kami himpun selaku panitia lokal sampai hari ini kurang lebih 84 kota telah menyatakan diri untuk mengikuti rakernas Apeksi," kata kepala Bagian Pemerintahan Kota Ambon Steven...

      Read More

    • DIY Panen Penghargaan Kinerja Terbaik

      2015-04-30 04:16:07

      PERINGATAN HARI OTONOMI DAERAH JAKARTA (KR)- Bersamaan peringatan Hari Otonomi Daerah ke-19, DIY panen penghargaan Kinerja Terbaik. Prestasi ini diraih Pemprov DIY (Provinsi Berkinerja Terbaik), Pemkot Yogyakarta (Pemkot Berkinerja Terbaik, beritanya di halaman 2) dan tiga kabupaten se-DIY, yaitu Bantul, Sleman, dan Kulonprogo (Kabupaten...

      Read More

    • Pemkot Raih Penghargaan Kinerja Terbaik

      2015-04-30 03:50:38

      JAKARTA – Pemkot Semarang menerima penghargaan Pemerintahan Daerah Berprestasi Kinerja Terbaik Nasional dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. Penghargaan diserahkan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo kepada Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi pada upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah ke XIX di halaman Kantor Kementerian Dalam Negeri...

      Read More

    • Optimalkan Otonomi untuk Kepentingan Nasional

      2015-04-30 03:34:17

      Optimalkan Otonomi untuk Kepentingan NasionalPRESIDEN Joko Widodo meminta para kepala daerah memanfaatkan otonomi daerah sebagai jalan untuk meningkatkan daya saing daerah sesuai dengan potensi masing-masing. "Otonomi telah menumbuhkan inovasi dan praktik yang baik. Jika tidak ada otonomi, saya yakin inovasi di daerah pun terbatas," kata Presiden saat memberikan sambutan pada peringatan...

      Read More

    < 1 2 3 4 5 >

FESTIVAL TELUK JAILOLO: Promosi Wisata Halmahera Barat, Digelar 16-18 Mei

Adanya pelaksanaan festival tersebut, menurutnya, banyak berdampak untuk promosi daerah itu. Dengan adanya Festival Teluk Jailolo diharapkan tidak hanya menarik turis domestik, tapi juga turis mancanegara.

“Dengan banyak orang mengenal Jailolo dapat meningkatkan hubungan pengusaha setempat, pengusaha domestik, dan luar negeri. Goal-nya mendatangkan investasi ke sana untuk membangun hotel, restoran, dan banyak infrastruktur lainnya. Ini bisa memajukan ekonomi lokal,” kata Adi di sela-sela acara pertemuan pemerintah Kabupaten Halmahera Barat dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (22/4).

Sementara itu, Bupati Halmahera Barat Nanto H.Roba mengatakan dengan kehadiran Kadin menyaksikan kegiatan tersebut dapat melihat peluang investasi. Menurut Nanto, jumlah hotel di daerahnya masih terbatas baru terdapat dua hotel, 15 penginapan, dan 75 home stay.

Kegiatan yang berlangsung selama hari itu sarat dengan kegiatan. Bagi pencinta wisata alam, FTJ menawarkan berbagai acara menarik seperti spice parade, spice expo, menyusuri perkebunan rempah-rempah, lomba memancing, lomba renang, lomba mendayung, fun diving yang diajak menanam karang laut, dan ritual laut Sigofi Ngolo.

Ada pula cultural party di pinggir pantai untuk menikmati pesta makanan adat bresama masyarakat lokal dengan membakar ikan sebanyak 10 ton. Sedangkan bagi penggemar adat istiadat akan ada pertunjukan tarian tradisional, acara makan makanan tradisional berama, upacara adat khas Jailolo, dan parade gerobak sapi.

Sebagai puncak acara, akan ada pula pertunjukan musikal drama dan tari yang mengambil tempat di panggung di atas laut dengan tema Sasadu on the Sea, karya Eko Supriyanto, Oleg Sanchabakhtiar, dan Simas Leimena.

Selain keterlibatan seniman dan budayawan Indonesia, festival tersebut juga akan dimeriahkan oleh Noah, salah satu grup band papan atas yang mendukung pariwisata Indonesia.

Festival tahunan yang bertema The Treasure of Golden spice Islands itu ditargetkan untuk memecahkan dua rekor MURI yaitu panggung festival pertama di atas laut dan pengiriman postcard terbanyak.

Jailolo, Halmahera Barat, berjarak tempuh 3 jam naik pesawat dari Jakarta-Ternate, setelah itu naik boat selama 45 menit. (Kabar24/aw)

(Sumber : http://www.kabar24.com)

Info Penting dan Pegawai