DITJEN OTONOMI DAERAH

Program & Kegiatan Ditjen Otonomi Daerah Tahun 2010-2014

Program & Kegiatan Ditjen Otonomi Daerah Tahun 2010-2014

Kebijakan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah

Kebijakan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah

Perbandingan Jumlah Daerah Otonom Sebelum Desentralisasi 1999 Dengan Sesudah Desentralisasi 1999

Perbandingan Jumlah Daerah Otonom Sebelum Desentralisasi 1999 Dengan Sesudah Desentralisasi 1999

Pemilihan Kepala Daerah

Pilkada

Pembagian Urusan

    

Pembagian Urusan
  1. Penerbitan SK Pemberhentian dan Pengangkatan KDH/WKDH

  2. Penerbitan SK Peresmian Pergantian PAW Anggota DPRD Provinsi

 

TIDAK DIPUNGUT BIAYA
    • GBHN Perekat Pusat-Daerah

      2016-05-24 05:52:23

      GBHN Perekat Pusat-DaerahJAKARTA (SK) - Pascareformasi, program dan realiasai pembangunan, baik antarinstansi, antara rezin, dan pusat-daerah, berjalan sendiri-sendiri, dan jauh dari koordinasi. Karena itu, menghidupkan kembali Garis-Garis Besar Haluan Negara (GBHN) dinilai menjadi solusi.Hal itu mengemuka dalam diskusi bertema “Urgensi Haluan Negara”, di Jakarta, akhir...

      Read More

    • Mendagri Komit Tidak Akan Pernah Batalkan Perda Miras

      2016-05-24 04:57:53

      Mendagri Komit Tidak Akan Pernah Batalkan Perda Miras JAKARTA (SK) - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo membantah apabila dirinya akan mengeluarkan kebijakan pembatalan Peraturan Daerah (Perda) tentang Minuman Keras (Miras).Tjahjo menegaskan, semua daerah perlu memiliki perda berisi pelarangan terhadap minuman beralkohol yang tegas. Ini mengingat peredaran minuman keras sudah...

      Read More

    • Mendagri Minta Daerah Punya Perda Antimiras

      2016-05-24 04:49:21

      JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta semua daerah memiliki peraturan daerah (perda) yang melarang minuman keras (miras) atau minuman beralkohol.Perda tersebut dianggap penting mengingat peredaran miras sudah membahayakan masyarakat, khususnya generasi muda bangsa. Dia juga meluruskan isu yang beredar bahwa dirinya...

      Read More

    • Tersangka Korupsi Dilarang Ikut Pilkada

      2016-05-20 08:09:19

      PERSYARATAN calon kepala daerah dalam pilkada serentak yang diselenggarakan Februari tahun depan semakin ketat.Tersangka korupsi tidak lagi diperbolehkan ikut dalam pencalonan. Ketentuan tersebut menurut anggota Kelompok Kerja (Pokja) Revisi UU No 15 Tahun 2015 tentang Pilkada, Tamanuri, telah disepakati dalam konsinyering (konsinyasi) yang...

      Read More

    • Kegagalan MDG Jangan Terulang

      2016-05-20 07:59:34

      Kegagalan MDG Jangan TerulangJAKARTA, KOMPAS- Kegagalan Inndonesia mencapai sejumlah target Tujuan Pembangunan Milenium pada 2015 harus jadi pelajaran. Dengan persiapan lebih panjang dan matang, cita-cita Tujuan Pembangunan Berkelanjutan guna mewujudkan kesejahteraan ekonomi, sosial, dan lingkungan yang berkeadilan pada tahun 2030 bisa tercapai.Indonesia, melalui Wakil...

      Read More

    < 1 2 3 4 5 >

Partisipasi Rendah

Menurut dia, keterlibatan yang rendah itu menjadi bahan evaluasi bagi Direktorat Jenderal Kesatuan Bangsa dan Politik Kementerian Dalam Negeri dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk melihat apa yang sebenarnya terjadi.

“Akhir-akhir ini keterlibatan warga dalam pemilu kepala daerah (pilkada) sekitar 60-65 persen, tetapi di Kota Medan tingkat partisipasinya terlalu kecil, yakni cuma sekitar 36 persen,” tutur Gamawan.

Data dari KPU Kota Medan, Sumut,menyatakan,keterlibatan warga Medan untuk memilih tercatat hanya 36,6 persen dari 2,1 juta pemilih di kota tersebut. Adapun data dari hitung cepat Cyrus Network dan lingkaran Survei Indonesia menyatakan, keterlibatan warga dalam Pilkada Sumut hanya 45,46 persen dan 47,7 persen dari 10,3 juta pemilih. Dijadwalkan, KPU Sumut baru akan menggelar perhitungan suara pada jumat ini.

Tatanan demokrasi

Gamawan mengatakan, apabila ada kesalahan dalam pelaksanaan pilkada tentu harus dikoreksi. Namun, ia menduga masyarakat terlalu jenuh dengan berbagai pemilihan yang diikuti seperti mulai dari pemilihan kepala desa, bupati/wali kota, gubernur, anggota legislative, hingga presiden.

“Yang penting kita melakukan tatanan demokrasi. Masyarakat telah memilih tidak menggunakan haknya,” ucapnya.

Untuk memperbaiki pelaksanaan pilkada, Gamawan menambahkan,sejauh ini pihaknya terus menggondok Undang-Undang Pilkada.

Adapun komisioner KPU Kota Medan Divisi Hukum dan Humas Pendapatan Tamba mengatakan, keterlibatan warga di kota Medan saat pilkada lima tahun silam mencapai 47,8 persen. Saat Pilkada Kota Medan pada 2010, keterlibatan warga hanya sebesar 38 persen. “Segala cara sudah kami upayakan, tetapi tampaknya masyarakat semakin apatis,” tutur Tamba.

Restu Uskup Agung

Akibat batas waktu penyerahan daftar nama pelaksa kampanye dilanggar, seluruh partai politik yang lolos verifikasi KPU terancam tak bias mengikuti kampanye pemilihan umum 2013 di Kabupaten Mesuji, Lampung.

Padahal, menurut Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwas) Kabupaten Mesuji Ali Yasir, sesuai jadwal tahapan yang disusun KPU, tim Pelaksana kampanye selambat-lambatnya harus didaftarkan pada Senin (11/3) lalu.

Di Semarang, Jawa Tengah, ketiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur meminta restu kepada Uskup Agung Semarang Mgr Johannes Pujasumarta Pr agar dapat memenangkan pilkada pada Mei mendatang.

“Tak ada pembicaraan khusus tentang politik. Mereka hanya meminta restu agar berhasil dalam ajang pemilihan gubernur,” ujarnya.

Di Kudus, Jateng. Panwas menemukan ribuan pemilih ganda dalam daftar pemilih sementara. KPU Kabupaten Kudus diminta segera memperbaiki data tersebut.

Meskipun dilakukan proses pemungutan ulang di Morowali, Sulawesi Tengah, pilkada di kabupaten tersebut berlangsung aman. Pihak KPU menyatakan, pasca-penetapan calon terpilih masih terbuka peluang untuk menggugat hasilnya.

(WSI/JON/HEN/

REN/EGI/WHO)

Edisi 1

Newsletter Otonomi Daerah Tahun 2016

Read more

Edisi 2

Newsletter Otonomi Daerah Tahun 2016

Read more

Edisi 3

Newsletter Otonomi Daerah Tahun 2015

Read more

WebHostingLab.org

Info Penting dan Pegawai

Rakornas Pilkada Serentak

Pilkada Banten 9 Desember 2015

Visitors Counter

4.png9.png8.png9.png6.png6.png
Today1067
Yesterday1057
This week2124
This month20816
Total498966

Who Is Online

6
Online

Tuesday, 24 May 2016 23:22
Powered by CoalaWeb