Thursday April 17, 2014
News Feeds:
Banda Aceh nominator IGA Award PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Rabu, 10 Oktober 2012 09:10

BANDA ACEH - Pemerintah Kota Banda Aceh kembali dinominasikan sebagai salah satu Pemerintah Kota di Indonesia yang akan menerima penghargaan Innovative Government Award (IGA) tahun 2012. Nominasi serupa juga pernah diraih Pemko pada tahun 2011 lalu.

Kepastian Pemerintah Kota Banda Aceh masuk nominasi ini diumumkan saat acara Seminar Sosialisasi Pemberian IGA Award tahun 2012, Senin (8/10), di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Diah Anggraeni, menyerahkan dokumen nominasi tersebut kepada Wakil Walikota Banda Aceh, Hj Illiza Sa’aduddin Djamal SE saat acara seminar berlangsung.

Diah Anggraeni mengatakan, Pemerintah Kota Banda Aceh, bersama Pemko Serdang Bedagai, Ogan Komering Ilir, serta 27 pemerintah daerah lainnya berhasil masuk nominasi setelah dilakukan hasil kajian oleh tim ahli IGA dari Kementerian Dalam Negeri.

Dikatakannya, Untuk menentukan pemenang IGA tahun 2012, tim ahli IGA dari Kementerian Dalam Negeri nantinya kembali melakukan uji lapangan dan penilaian terhadap 12 Pemda nominator unggulan dari 30 nominator yang telah diseleksi terlebih dahulu, dengan parameter keberhasilan Pemda dalam menurunkan jumlah penduduk miskin sebagai salah-satu target pencapaian tujuan pembangunan millenium, parameter implementasi dan dampak program inovatif, serta masukan rekomendasi dari Pemerintah Provinsi.

“Selanjutnya, berdasarkan hasil penilaian, nantinya akan di tetapkan empat pemda sebagai calon pemenang IGA tahun 2012. Kemudian Mendagri akan menetapkan dan menganugerahkan kepada empat pemenang IGA tersebut sesuai dengan katagori inovasi yang dilakukan Pemda,” jelas Diah Angraeni.

Sementara itu, Wakil Walikota Banda Aceh Illiza Sa’aduddin Djamal mengatakan, keberhasilan Pemko Banda Aceh masuk ke nominasi ini merupakan hasil kerjasama aparatur pemerintah jajaran Pemko, dan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat kota dalam mendukung setiap program pemerintah. “Ini merupakan tahun kedua kita masuk nominasi, semoga tahun ini kita mampu meraihnya,” harap Illiza.(rel/yat)

Pembinaan Pemerintah Daerah

DIAH Anggraeni JUGA mengatakan, alasan pemberian award ini, karena dalam penyelenggaraan pemerintah daerah, banyak Pemda yang melakukan innovasi dalam memajukan daerahnya demi meningkatkan kesejahteraan rakyat. “Kementerian Dalam Negeri mencermati berbagai kreatifitas dan inovasi Pemda tersebut. Sehingga diapresiasi dan diberikan penghargaan ini,” papar Diah.

Menurutnya, program pemberian penghargaan ini merupakan salah-satu bentuk pembinaan yang dilakukan Kemendagri atas penyelenggaraan pemerintah daerah, sebagaimana yang diamanahkan dalam Pasal 219 Undang-undang Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah. Pemberian penghargaan pemerintah daerah inovatif ini mulai dilaksanakan pada tahun 2007.

 

Hari Otda XVIII

Kawat Mendagri
No. 003.3/1673/SJ

Amanat Mendagri

Search

Find Us on

Visitors

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday928
mod_vvisit_counterYesterday5164
mod_vvisit_counterThis week18119
mod_vvisit_counterLast week29303
mod_vvisit_counterThis month72396
mod_vvisit_counterLast month164210
mod_vvisit_counterAll days1366317

News Letter 2013

By iNow Web Design

Visualisasi Otda

"Melaju Bersama Otonomi"

"Hari Otonomi Daerah Ke XVII"

Kontak
DITJEN OTONOMI DAERAH
KEMENTERIAN DALAM NEGERI REPUBLIK INDONESIA
JL. Medan Merdeka Utara No. 7-8 Jakarta Pusat 10110
http ://www.otda.kemendagri.go.id
bagren_otda@kemendagri.go.id
No Telp/Fax : 021-34833648 (T.U Ditjen Otda), 021-3859335 (Bagren Otda)
Visi Ditjen Otonomi Daerah:
Terdepan dalam Memantapkan Efektivitas dan Efisiensi Penyelenggaraan Pemerintah yang Desentralistik dalam Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia
Copyright © 2014. ditjen Otda.

Copyright © 2012 Direktorat Jenderal Otonomi Daerah. All Rights Reserved.