DITJEN OTONOMI DAERAH

  • Dirjen Otda pada acara Rakornas Program Pembinaan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Pusat dan Daerah, 29 Juli 2015

  • Mendagri memberikan Piagam Penghargaan kepada Bapak Susilo selama menjadi Plt. Dirjen Otonomi Daerah, 22 Juli 2015

  • Pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II) Lingkup Kemendagri, 22 Juli 2015

  • Dirjen Otda melakukan dialog dan silahturahmi dengan pegawai Ditjen Otonomi Daerah, 3 Juli 2015

  • Mendagri melantik Bapak S. Sumarsono sebagai Direktur Jenderal Otonomi Daerah, 1 Juli 2015

Design by Za Studio

Program & Kegiatan Ditjen Otonomi Daerah Tahun 2010-2014

Program & Kegiatan Ditjen Otonomi Daerah Tahun 2010-2014

Kebijakan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah

Kebijakan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah

Perbandingan Jumlah Daerah Otonom Sebelum Desentralisasi 1999 Dengan Sesudah Desentralisasi 1999

Perbandingan Jumlah Daerah Otonom Sebelum Desentralisasi 1999 Dengan Sesudah Desentralisasi 1999

Pemilihan Kepala Daerah

Pilkada

Pembagian Urusan

    

Pembagian Urusan
  1. Penerbitan SK Pemberhentian dan Pengangkatan KDH/WKDH

  2. Penerbitan SK Peresmian Pergantian PAW Anggota DPRD Provinsi

 

TIDAK DIPUNGUT BIAYA
    • Sorong Termaju di Papua

      2015-07-31 02:55:59

      Sorong Termaju di PapuaWali Kota Kota Sorong Lamberthus Jitmau dan Wakil Wali Kota Pahimah Iskandar dilantik pada 11 Juni 2012. Keduanya menyiapkan sejumlah program jangka panjang untuk mewujudkan Kota Sorong menjadi daerah yang termaju di tanah Papua.Lamberthus menyatakan, dirinya telah menyusun rencana pembangunan jangka menengah daerah sebagai dasar kebijakan...

      Read More

    • ANGGARAN PUN DITINGKATKAN

      2015-07-30 10:57:59

      KOMPAS, 30 JULI 2015 Pemerintah Kota Jayapura, Papua, tak hanya berpuas diri dengan raihan penghargaan Adipura sebanyak dua kali berturut-turut. Wali Kota Jayapura Benhur Tommy Mano menyiapkan regulasi dan meningkatkan besaran anggaran, khusus di bidang lingkungan. Kepada Kompas di ruang kerjanya, beberapa saat lalu, Benhur yang menjabat sebagai Wali...

      Read More

    • Kearifan Lokal Menjadi Bekal

      2015-07-30 10:47:18

      Kearifan Lokal Menjadi Bekal ARIS PRASETYO/ADI SUCIPTO KISSWARA      Wali Kota Gorontalo Marthen Taha memaparkan konsep "kota cerdas" di hadapan wali kota dari sejumlah negara di tengah hajatan Konferensi Asia Afrika di Bandung pada April lalu. Bukanlah kecanggihan fasilitas suatu kota yang ia paparkan, melainkan ia justru mengajak mereka yang hadir untuk menengok Gorontalo pada...

      Read More

    • Kekayaan yang Kian Terlupakan

      2015-07-24 02:18:08

      Kekayaan yang Kian Terlupakan Di ruang bg rumah rusak itu, di bawah cahaya bulan purnama, empat pria berbaris menyusun formasi. Hanya desah suara ombak yang terdengar saat mereka mulai mengatur kudelakana-kuda.Salah satu pria di barisan depan, yang terlihat paling senior, menyerukan aba-aba, dan jurus pertama pun dilancarkan. Tangan kanan meluncur memukul ke depan, tangan...

      Read More

    • Menjadi Kota Bermartabat

      2015-07-24 02:07:17

      Menjadi Kota BermartabatMembangun perpustakaan merupakan salah satu program Pemerintah Kota Salatiga dalam mengembangkan sektor pendidikan dan kesehatan. Dua sektor ini menjadi fokus karena Kota Salatiga merupakan kota kecil yang hampir tak memiliki sumber daya alam yang dapat diandalkan untuk memperoleh pendapatan asli daerah. Letaknya strategis, dekat dengan dua kota...

      Read More

    < 1 2 3 4 5 >

Banda Aceh nominator IGA Award

BANDA ACEH - Pemerintah Kota Banda Aceh kembali dinominasikan sebagai salah satu Pemerintah Kota di Indonesia yang akan menerima penghargaan Innovative Government Award (IGA) tahun 2012. Nominasi serupa juga pernah diraih Pemko pada tahun 2011 lalu.

Kepastian Pemerintah Kota Banda Aceh masuk nominasi ini diumumkan saat acara Seminar Sosialisasi Pemberian IGA Award tahun 2012, Senin (8/10), di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Diah Anggraeni, menyerahkan dokumen nominasi tersebut kepada Wakil Walikota Banda Aceh, Hj Illiza Sa’aduddin Djamal SE saat acara seminar berlangsung.

Diah Anggraeni mengatakan, Pemerintah Kota Banda Aceh, bersama Pemko Serdang Bedagai, Ogan Komering Ilir, serta 27 pemerintah daerah lainnya berhasil masuk nominasi setelah dilakukan hasil kajian oleh tim ahli IGA dari Kementerian Dalam Negeri.

Dikatakannya, Untuk menentukan pemenang IGA tahun 2012, tim ahli IGA dari Kementerian Dalam Negeri nantinya kembali melakukan uji lapangan dan penilaian terhadap 12 Pemda nominator unggulan dari 30 nominator yang telah diseleksi terlebih dahulu, dengan parameter keberhasilan Pemda dalam menurunkan jumlah penduduk miskin sebagai salah-satu target pencapaian tujuan pembangunan millenium, parameter implementasi dan dampak program inovatif, serta masukan rekomendasi dari Pemerintah Provinsi.

“Selanjutnya, berdasarkan hasil penilaian, nantinya akan di tetapkan empat pemda sebagai calon pemenang IGA tahun 2012. Kemudian Mendagri akan menetapkan dan menganugerahkan kepada empat pemenang IGA tersebut sesuai dengan katagori inovasi yang dilakukan Pemda,” jelas Diah Angraeni.

Sementara itu, Wakil Walikota Banda Aceh Illiza Sa’aduddin Djamal mengatakan, keberhasilan Pemko Banda Aceh masuk ke nominasi ini merupakan hasil kerjasama aparatur pemerintah jajaran Pemko, dan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat kota dalam mendukung setiap program pemerintah. “Ini merupakan tahun kedua kita masuk nominasi, semoga tahun ini kita mampu meraihnya,” harap Illiza.(rel/yat)

Pembinaan Pemerintah Daerah

DIAH Anggraeni JUGA mengatakan, alasan pemberian award ini, karena dalam penyelenggaraan pemerintah daerah, banyak Pemda yang melakukan innovasi dalam memajukan daerahnya demi meningkatkan kesejahteraan rakyat. “Kementerian Dalam Negeri mencermati berbagai kreatifitas dan inovasi Pemda tersebut. Sehingga diapresiasi dan diberikan penghargaan ini,” papar Diah.

Menurutnya, program pemberian penghargaan ini merupakan salah-satu bentuk pembinaan yang dilakukan Kemendagri atas penyelenggaraan pemerintah daerah, sebagaimana yang diamanahkan dalam Pasal 219 Undang-undang Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah. Pemberian penghargaan pemerintah daerah inovatif ini mulai dilaksanakan pada tahun 2007.

Info Penting dan Pegawai