DITJEN OTONOMI DAERAH

Program & Kegiatan Ditjen Otonomi Daerah Tahun 2010-2014

Program & Kegiatan Ditjen Otonomi Daerah Tahun 2010-2014

Kebijakan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah

Kebijakan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah

Perbandingan Jumlah Daerah Otonom Sebelum Desentralisasi 1999 Dengan Sesudah Desentralisasi 1999

Perbandingan Jumlah Daerah Otonom Sebelum Desentralisasi 1999 Dengan Sesudah Desentralisasi 1999

Pemilihan Kepala Daerah

Pilkada

Pembagian Urusan

    

Pembagian Urusan
  1. Penerbitan SK Pemberhentian dan Pengangkatan KDH/WKDH

  2. Penerbitan SK Peresmian Pergantian PAW Anggota DPRD Provinsi

 

TIDAK DIPUNGUT BIAYA
    • Tips Sebelum Libur Panjang

      2016-06-30 05:31:12

      Beberapa hari lagi, kita akan menghadapi libur panjang dalam rangka Hari Raya Idul Fitri (1437 H) belum lagi beberapa pegawai menambah libur dengan cuti, berikut beberapa tips menghadapi libur panjang: Buat daftar pekerjaan prioritas yang belum selesai dan dirasa perlu untuk diselesaikan sebelum libur panjang. Bila akan melakukan cuti tambahan...

      Read More

    • Perda Bermasalah Dicabut, Ekonomi Daerah Makin Kuat

      2016-06-24 02:15:53

      Perda Bermasalah Dicabut, Ekonomi Daerah Makin KuatMenteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo menjabarkan bagaimana dampak dihapuskannya ribuan peraturan daerah (perda), khususnya bagi perekonomian nasional.  Menurutnya, ada poin-poin penting yang menjadi ciri khas mengapa regulasi ini dicabut. Poin tersebut yakni meliputi perijinan dan retribusi yang menghambat berkembangnya dunia usaha di tanah air....

      Read More

    • Kemendagri Rilis 3.143 Perda yang Dibatalkan

      2016-06-23 04:10:20

      JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri telah mengumumkan 3.143 peraturan daerah yang dibatalkan. ”Daftar perda telah dimuat di situs www. kemendagri.go.id sejak hari ini (kemarin),” kata Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri Soni Sumarsono di kantor MUI, Jalan Proklamasi, Jakarta, kemarin. Perda yang dibatalkan itu antara lain meliputi perda...

      Read More

    • Kemendagri : Tidak Ada Perda Syariat atau Intoleren di Indonesia

      2016-06-21 10:25:38

      Kemendagri : Tidak Ada Perda Syariat atau Intoleren di Indonesia  Jakarta - Menyusul pembatalan 3.143 peraturan daerah (perda) yang dibatalkan pemerintah, muncul anggapan ada perda syariah atau perda bernuansa Islam atau perda intoleran yang ikut dibatalkan. Kemendagri membantah adanya pembatalan yang disebut perda syariat bahkan disebut perda intoleran itu.Dirjen Otda Kemendagri Soni Sumarsono bahkan menyebut...

      Read More

    • Unggah 3.143 Perda, Mendagri Berterimakasih ke Semua Pihak

      2016-06-21 10:04:54

      JAKARTA – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah mengunggah 3.143 peraturan daerah (Perda), termasuk di dalamnya peraturan menteri dalam negeri (Permendagri) ke laman resmi www.kemendagri.go.id. Hal tersebut merupakan bagian dari keterbukaan informasi publik. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) menyampaikan terimakasih atas dukungan serta apresiasi...

      Read More

    < 1 2 3 4 5 >

Banda Aceh nominator IGA Award

BANDA ACEH - Pemerintah Kota Banda Aceh kembali dinominasikan sebagai salah satu Pemerintah Kota di Indonesia yang akan menerima penghargaan Innovative Government Award (IGA) tahun 2012. Nominasi serupa juga pernah diraih Pemko pada tahun 2011 lalu.

Kepastian Pemerintah Kota Banda Aceh masuk nominasi ini diumumkan saat acara Seminar Sosialisasi Pemberian IGA Award tahun 2012, Senin (8/10), di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Diah Anggraeni, menyerahkan dokumen nominasi tersebut kepada Wakil Walikota Banda Aceh, Hj Illiza Sa’aduddin Djamal SE saat acara seminar berlangsung.

Diah Anggraeni mengatakan, Pemerintah Kota Banda Aceh, bersama Pemko Serdang Bedagai, Ogan Komering Ilir, serta 27 pemerintah daerah lainnya berhasil masuk nominasi setelah dilakukan hasil kajian oleh tim ahli IGA dari Kementerian Dalam Negeri.

Dikatakannya, Untuk menentukan pemenang IGA tahun 2012, tim ahli IGA dari Kementerian Dalam Negeri nantinya kembali melakukan uji lapangan dan penilaian terhadap 12 Pemda nominator unggulan dari 30 nominator yang telah diseleksi terlebih dahulu, dengan parameter keberhasilan Pemda dalam menurunkan jumlah penduduk miskin sebagai salah-satu target pencapaian tujuan pembangunan millenium, parameter implementasi dan dampak program inovatif, serta masukan rekomendasi dari Pemerintah Provinsi.

“Selanjutnya, berdasarkan hasil penilaian, nantinya akan di tetapkan empat pemda sebagai calon pemenang IGA tahun 2012. Kemudian Mendagri akan menetapkan dan menganugerahkan kepada empat pemenang IGA tersebut sesuai dengan katagori inovasi yang dilakukan Pemda,” jelas Diah Angraeni.

Sementara itu, Wakil Walikota Banda Aceh Illiza Sa’aduddin Djamal mengatakan, keberhasilan Pemko Banda Aceh masuk ke nominasi ini merupakan hasil kerjasama aparatur pemerintah jajaran Pemko, dan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat kota dalam mendukung setiap program pemerintah. “Ini merupakan tahun kedua kita masuk nominasi, semoga tahun ini kita mampu meraihnya,” harap Illiza.(rel/yat)

Pembinaan Pemerintah Daerah

DIAH Anggraeni JUGA mengatakan, alasan pemberian award ini, karena dalam penyelenggaraan pemerintah daerah, banyak Pemda yang melakukan innovasi dalam memajukan daerahnya demi meningkatkan kesejahteraan rakyat. “Kementerian Dalam Negeri mencermati berbagai kreatifitas dan inovasi Pemda tersebut. Sehingga diapresiasi dan diberikan penghargaan ini,” papar Diah.

Menurutnya, program pemberian penghargaan ini merupakan salah-satu bentuk pembinaan yang dilakukan Kemendagri atas penyelenggaraan pemerintah daerah, sebagaimana yang diamanahkan dalam Pasal 219 Undang-undang Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah. Pemberian penghargaan pemerintah daerah inovatif ini mulai dilaksanakan pada tahun 2007.

Edisi 1

Newsletter Otonomi Daerah Tahun 2016

Read more

Edisi 2

Newsletter Otonomi Daerah Tahun 2016

Read more

Edisi 3

Newsletter Otonomi Daerah Tahun 2016

Read more

WebHostingLab.org

Info Penting dan Pegawai

Rakornas Pilkada Serentak

Pilkada Banten 9 Desember 2015

Visitors Counter

5.png3.png3.png9.png4.png1.png
Today698
Yesterday979
This week4692
This month698
Total533941

Who Is Online

10
Online

Friday, 01 July 2016 18:48
Powered by CoalaWeb